LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI DI PT TELKOM DIGITAL EXPEREINCE IT. SOLUTION


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur terhadap kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Kunjungan Industri (KI) di PT. TDX. IT. SOLUTION, Jakarta dapat terselesaikan dengan baik tanpa masalah yang berarti.
Maksud serta tujuan dari adanya penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini adalah sebagai tugas serta untuk melengkapi tugas dari Sekolah.
Adapun penyusunan dari Laporan Kunjungan Industri berdasarkan dari data-data yang kita peroleh selama rangkaian Kunjungan Industri, serta data-data dan keterangan dari pembimbing. Kami sangat menyadari jika dalam penyusunan Laporan Kunjungan Industri (KI) tidak lepas dari dukungan oleh berbagai pihak.



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL                                                                                     i
KATA PENGANTAR                                                                                 ii
DAFTAR ISI                                                                                                iii
BAB I PENDAHULUAN                                                                            1
A.     Latar Belakang Kunjungan Industri                                        1
B.     Tujuan Kunjungan Industri                                                      1
C.     Tujuan Pembuatan Laporan                                                     2
D.     Metode Pengumpulan Data                                                       2
E.     Waktu Dan Tempat Pelaksanaan                                             2
BAB II PEMBAHASAN                                                                             3
A.       TENTANG PT. TELKOM DIGITAL EXPERIENCE       3
B.       TUR DI PT. TELKOM DIGITAL EXPERIENCE              4
C.       LOKASI  PT. TELKOM DIGITAL EXPERIENCE              4
D.       MACAM-MACAM TUR DI PT. TELKOM DIGITAL EXPERIENCE                                                                   5
BAB III PENUTUP                                                                                      11
A.       Kesan                                                                                          11
B.       Saran                                                                                           11






BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Kunjungan Industri
Seiring pesatnya kemajuan teknologi, dunia pendidikan harus di tuntut untuk lebih menyongsong lagi era globalisasi. Dalam usaha  untuk meningkatkan mutu pendidikan tersebut maka ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) hendaknya di serapi dengan keimanan dan ketaqwaan.
Ilmu yang di dapat dalam bangku sekolah di rasakan masih sangat kurang sehingga di perlukan sebuah kunjungan ke perusahaan / industri yang bisa membantu kami dan bisa untuk kami jadikan suatu perbandingan saat kami menerima pelajaran di sekolah.
Melihat kenyataan yang terjadi di lapangan inilah yang menyebabkan siswa siswi SMK KARYA MANDIRI NUSAWUNGU mengadakan Kunjungan Industri. Kunjungan industri ini dipilih untuk memperkenalkan siswa ke dunia kerja yang sesungguhnya. Siswa di tuntut untuk lebih aktif lagi di dalam menggali suatu informasi tentang kunjungan industri untuk mendapatkan pengetahuan mengenai ilmu Teknik komputer dan jaringan (TKJ) yang ada di PT. TDX.IT.SOLUTION Kunjungan industri ini kita lakukan agar memberikan gambaran yang jelas kepada siswa tentang komputer yang tidak  asing bagi siswa untuk mampu membandingkan antara dunia industri dengan ilmu yang telah di perolehnya di sekolah. Untuk itu, siswa di wajibkan untuk membuat laporan atas informasi yang telah di peroleh selama kunjungan industri di perusahaan yang bersangkutan.

B.     Tujuan Kunjungan Industri
Ada Beberapa tujuan diadakannya kegiatan kunjungan industri, diantaranya sebagai berikut:
1.      Memperluas wawasan dari siswa/siswi dengan adanya dunia kerja yang sesungguhnya.
2.      Mendorong siswa untuk lebih berminat bekerja di perusahaan.
3.      Memberikan informasi kepada siswa mengenai cara bekerja di perusahaan.
4.      Melengkapi persyaratan mendapatkan nilai kenaikan kelas.

C.    Tujuan Pembuatan Laporan
1.      Sebagai bukti tertulis bahwa siswa tersebut mengikuti kunjungan industri.
2.      Sebagai suatu pertanggung jawaban atas tugas yang telah diberikan oleh pihak sekolah.
3.      Untuk memenuhi ataupun melengkapi syarat masuk dunia kerja.

D.    Metode Pengumpulan Data
Dalam pembuatan laporan ini penulis menggunakan 3 macam metode, yaitu:
1.      Metode observasi/pengamatan
Dalam metode ini penulis mengambil atau mengumpulkan data dan bahanuntuk pembuatan laporan dengan cara mengamati langsung perusahaan tersebut.
2.      Metode ceramah
Dalam metode ceramah ini seorang pimpinan perusahaan memberikan ceramah dan penjelasan mengenai segala hal yang berhubungan dengan perusahaan.
3.      Browsing di internet

E.     Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan Kunjungan Industri di PT.TDX.IT.SOLUTION ini di laksanakan pada :
Hari                        : Selasa
Tanggal                  : 10 September 2019
Jam                         : 09.00 WIB
Tempat                   : PT.TDX.IT.SOLUTION




BAB II
PEMBAHASAN

A.    TENTANG PT. TELKOM DIGITAL EXPERIENCE

Telkom Digital Experience adalah sebuah tempat di mana anda akan menemukan dan merasakah seperti apa gaya hidup digital di masa depan, sekarang.
Sebagai sebuah perusahaan Telko-digital dan dalam rangka memasuki era Indonesia Digital 4.0 , Telkom ingin menghadirkan sebuah pengalaman baru yang menampilkan bagaimana peran teknologi digital dalam masa depan yang akan datang dan sebesar apa pengaruh teknologi dalam mewujudkan efisiensi pada berbagai aktivitas sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, Telkom membangun TDX atau Telkom Digital eXperience, sebuah Experience Center yang memadukan berbagai macam implementasi teknologi informasi terbaru and futuristik.
Keberadaan TDX diharapkan dapat menginspirasi dan mengedukasi masyarakat Indonesia tentang seberapa pentingnya peran teknologi digital dan informasi dalam berbagai aspek kehidupan di masa depan, termasuk dalam gaya hidup, peningkatan produktivitas dalam pekerjaan, maupun perbaikan kualitas hidup manusia.

B.     TUR DI PT. TELKOM DIGITAL EXPERIENCE
Jam Buka
Senin – Jumat, 09.00 – 16:00 WIB Satu kali tur membutuhkan waktu sekitar 60 menit.
Waktu Tutup
Akhir pekan dan hari libur nasional
Tipe Tur
Tur ditemani pemandu (wajib melakukan booking terlebih dahulu)
1-10 orang pengunjung dalam satu sesi tur
Harga Tiket
Gratis
Izin Masuk
Semua fasilitas (kecuali permainan VR) dapat dimasuki oleh orang dewasa atau anak-anak di atas 13 tahun.
Permainan VR hanya boleh digunakan oleh orang dewasa atau remaja di atas umur 15 tahun.
Pemesanan Tur
Pemesanan tur dapat dilakukan lewat aplikasi TDX yang tersedia di Android maupun Playstore, atau lewat website resmi tdx, https://tdx.co.id
Peraturan Untuk Pengunjung
1. Harap tiba 20 menit sebelum tur dimulai.
2. Harap diketahui bahwa keterlambatan tidak dapat ditoleransi.
3. Setelah Anda tiba di TDX, silakan tunjukkan Kode QR Anda atau kode pemesanan kepada pemandu sebagai verifikasi
4. Anda dapat membatalkan pesanan Anda hingga 24 jam sebelum jadwal tur Anda.
5. Harap diperhatikan bahwa jika Anda tidak menghadiri tur berdasarkan pemesanan hingga 3 kali, Anda tidak dapat mendaftar lagi untuk untuk tur selanjutnya. 6. Harap diperhatikan bahwa admin berhak untuk membatalkan tur anda jika diperlukan. Jika hal ini terjadi, anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email.
C.    LOKASI  PT. TELKOM DIGITAL EXPERIENCE
PT. TELKOM DIGITAL EXPERIENCE berlokasi di :
Jl. Gatot Subroto No.Kav. 52, RT.6/RW.1, Kuningan Bar. Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12710


D.    MACAM-MACAM TUR DI PT. TELKOM DIGITAL EXPERIENCE
1.      Hallway Area

Area ini menyuguhkan kepada Anda dunia baru di mana dunia nyata dan dunia maya melebur menjadi satu.Anda dapat merasakan berbagai macam keseruan lewat permainan virtual reality, tes pengetahuan anda, maupun menaklukan berbagai tantangan yang tersedia di area ini.
  1. Hologram: Tampilan 3D hologram dari salah satu maskot TDX, Dexy. Dexy akan menyapa Anda ketika Anda memasuki area hallaway dan menjelaskan berbagai hal kepada Anda. Anda pasti tidak ingin melewatkannya.
  2. Video Masa Kini Vs Masa Depan: Video ini akan menunjukkan kepada Anda sekilas gambaran tentang masa depan, bagaimana hal itu berbeda dengan dunia yang kita ketahui saat ini. Dengan layar OLED raksasa Anda akan mendapatkan sensasi yang menakjubkan tentang bagaimana teknologi akan memajukan cara hidup kita sehari-hari.
  3. Dinding Interaktif: Dinding Interaktif (Interactive Wall) mengijinkan anda untuk berinteraksi dengan dinding menggunakan tangan anda. Dinding Interaktif tersebar di beberapa lokasi dan memberikan tantangan yang berbeda-beda untuk anda, seperti permainan bertema zuma, mencari karakter dan kuis Satelit Merah Putih.
  4. Miniatur Satelit Merah Putih: Miniatur ini adalah tiruan Satelit Merah Putih Telkom yang diluncurkan pada tahun 2018. Hal yang istimewa dari miniatur ini adalah ia memiliki ukuran yang sama dengan yang mengorbit di luar angkasa.
  5. VR Tightrope: Anda akan mengalami pengalaman yang benar-benar menegangkan jika Anda memutuskan untuk mengambil tantangan yang ditawarkan oleh VR ini.
  6. VR Pasien Terakhir: Apa ketakutan terbesar Anda? Mungkin kami tidak mengetahuinya, tetapi kami Anda akan menemukan jawaban untuk pertanyaan itu setelah memainkan game VR ini.
2.      Home eXperience Area

Area Home eXperience adalah tempat di mana Anda dapat merasakan gaya hidup masa depan di dalam rumah. Dikenal juga dengan istilah smart home, area rumah ini dilengkapi dengan teknologi mutakhir untuk memberikan elemen keamanan, hiburan, kenyamanan, energi dan kesehatan untuk Anda.
  1. Keamanan: Smart home akan memberikan ketenangan buat Anda dengan mengawasi rumah Anda 24/7 saat Anda di dalam maupun luar rumah. Smart home akan memonitor dan mencatat gangguan maupun kerusuhan yang terjadi yang dapat kamu periksa nantinya.
  2. Hiburan: Smart home akan melakukan hal-hal keren buat Anda. Teknologi cerdas dapat memberikan tampilan indah dan hiburan buat Anda dengan cara yang sangat berbeda dengan yang pernah Anda rasakan sebelumnya.
  3. Kenyamanan: Smart home akan membuat penyelesaian pekerjaan sehari-hari lebih mudah. Smart home dapat melakukan itu dengan melakukan banyak hal seperti otomatisasi pekerjaan sehari-hari maupun menciptakan suasana berdasarkan preferensi Anda saat itu.
  4. Energi: Smart home akan membantu Anda menghemat uang dengan menghemat pemakaian energi. Smart home akan mempelajari pola penggunaan energi Anda dan mengantisipasi kebutuhan Anda ke depannya.
  5. Kesehatan: Smart home peduli akan kesehatan Anda. Smart home akan memonitor kondisi kesehatan Anda, merekomendasikan aktivitas bermanfaat yang dapat Anda kerjakan, dan membantu Anda memilih makanan yang lebih sehat.
3.      Mobility eXperience Area

Di dalam Mobility eXperience area, anda akan mendapatkan pengalaman eksklusif yang menggambarkan masa depan dari mobile technology. Memanfaatkan teknologi 5G yang 10x lebih cepat dari 4G, keberadaan self-driving cars, smart cities, robot dan smart farming bukan lagi menjadi sesuatu yang mustahil.
  1. Digital Lifestyle: Menunggu bis di halte tidak akan menjadi sesuatu yang membosankan lagi. Sambil menunggu kedatangan bis, anda dapat mendapatkan pengalaman baru menggunakan smart bike, smart vending machine dan smart bin secara mudah hanya dengan memindai QR Code yang tersedia dengan ponsel pintar anda.
  2. Smart Farming: Di masa depan, pertanian tidak akan lagi dilakukan secara manual. Smart Garden dan eFishery menggunakan konsep automasi dan IoT Services untuk mempermudah kegiatan berkebun dan budidaya ikan. Smart garden menggunakan sensor yang real-time untuk mengetahui intensitas cahaya, kelembaban dan nutrisi tanaman, Sementara itu, eFishery dapat mendeteksi dan mencatat pola makan ikan melalui interner, sehingga pemilik dapat mengakses datanya kapan saja.
  3. 5G Experiences: Teknologi 5G akan membuat konsep remote driving menjadi kenyataan. Memanfaatkan teknologi 5G, kita dapat menjalankan kendaraan maupun mesin yang lain seperti robot, dari jarak jauh namun dengan kondisi yang real-time. Jaringan 5G juga dapat mendukung pengoperasian robot seperti robot Suten, agar dapat memberikan respon yang sesuai sehingga dapat mengalahkan manusia dalam permainan batu, gunting dan kertas.
4.      Enterprise and Government Area

Hal-hal yang perlu dilakukan oleh Perusahaan maupun Pemerintah di masa depan pasti akan sangat berbeda dengan kondisi saat ini. Menggunakan bantuan teknologi, kolaborasi tidak akan lagi dibatasi oleh batasan-batasan seperti lokasi dan jarakm sehingga produktivitas perusahaan dan layanan pemerintah akan dapat meningkat secara signifikan.
  1. SME of the future: Pengalaman bertransaksi di masa depan. Penggunaan teknologi augmented reality yang mendorong self-service di SME masa depan. Augmented reality memudahkan interaksi dengan produk sehingga memudahkan proses pemilihan dan pembelian produk. Berkolaborasi kini lebih mudah dengan teknologi virtual reality. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Hingga akhirnya mendorong SME lokal memasuki pasar global.
  2. Govt of the future: Rasakan pengalaman smart city, The Digital Command Center. Dengan command center, pemerintah dapat mengelola smart city yang didukung oleh analisis big data. Hal ini akan membantu pemerintah dalam pengambilan keputusan yang akhirnya memperbaiki efisiensi dan produktivitas. Selain itu, TDX juga menawarkan Cisco Collaboration Board. Dengan menggunakan collaboration board, pemerintah dapat berinteraksi dengan lebih fleksibel, tidak hanya di dalam tapi juga di luar kantor.In addition, to help government collaboration, Telkom Digital Experience bring you the Cisco Collaboration Board. Through collaboration board, government can achieve flexibility of interaction be it outside the office or inside the government office.
  3. Enterprise of the future: Rasakan pengalaman menggunakan 3D digital model dengan TDX hologram table yang membantu Anda memproyeksikan berbagai desain. Bahkan TDX hologram table dapat menampilkan bagian-bagian mendasar dan penting dari desain produk Anda. Di samping itu, teknologi robot juga telah sangat maju. Dengan ditambah internet of things, kini Anda bisa mengendalikan robot melalui internet. TDX Robotic Assistance dapat diprogram untuk membantu pekerjaan yang berulang-ulang dengan sangat akurat dan konsisten.





5.      Mini Cinema

Ingin tahu seperti apa gaya hidup digital masa kini dan di masa depan?
  1. Gaya Hidup Digital Masa Depan: Belajar dari masa lalu dan masa sekarang sebelum menghadapi masa depan
  2. Pengenalan TDX: Di masa depan segalanya menjadi lebih mudah dan menyenangkan




BAB III
PENUTUP
A.       Kesan
a.       Sambutan dari pihak perusahaan sangat ramah dan kami sangat senang.
b.    Kunjungan industri yang kami lakukan ini sangat bermanfaat, karena kita dapat melihat   secara langsung karyawan-karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.
c.        Banyak sekali pengalaman yang dapat kami peroleh di perusahaan yang bersangkutan.
d.   Kami mendapatkan banyak keterangan dan gambaran mengenai perusahaan yang kami   perlukan di masa yang akan datang.

B.       Saran
a. Sebaiknya pimpinan lebih jelas di dalam menyampaikan ataupun menjelaskan mengenai bagian-bagian atau tugas-tugas dari karyawanya.
b.   Kegiatan ini lebih baik untuk disesuaikan dengan jadwal produksi sehingga siswa dapat mengetahui proses pembuatannya atau kerjanya.
c.       Diharapkan agenda dari program Kunjungan Industri ini terus berjalan setiap tahunnya.
d.   Sekolah dituntut untuk mengadakan Kunjungan Industri ketempat yang sesuai dengan   kompetensi keahlian siswa/siswi.










Comments

Popular posts from this blog

Tari Tradisional Adat Suku Daerah

46 Macam-Macam Profesi & Pekerjaan dan Tugasnya DALAM BAHASA INGGRIS DAN ARTINYA LENGKAP

KLIPING BUDIDAYA 6 HEWAN KESAYANGAN